Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik dan Benar
Kamis, 14 Desember 2017
Edit
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh surat izin tidak masuk kerja. Ini sangat dibutuhkan bagi para pekerja harian ataupun pekerja di perkantoran. Izin pada saat tidak masuk kerja merupakan salah satu etika dalam professional pekerjaan. Kita menghargai aturan perusahaan sekaligus menjaga kepercayaan pimpinan.
Surat izin dibuat sehari sebelumnya, namun apabila ada kejadian mendadak bisa melalui email ataupun media wa namun tetap berbentuk surat resmi. Sebagai contoh, pada hari yang tidak diduga, mendadak ada kabar bahwa saudara di tempat yang jauh meninggal dunia. Bisa juga karena anak yang ada di kota lain mendadak sakit karena kecelakaan yang mengharuskan kita tidak masuk kerja.
Surat izin tidak masuk kerja konsepnya sama seperti kita tidak masuk sekolah. Namun surat ini tidak ditujukan kepada sekolah namun ke pimpinan kita. Apa saja yang harus ada dalam surat izin tidak masuk kerja?
1. Tanggal surat
2. Perihal surat sesuai dengan alasan atau keperluan
3. Penerima surat, tentunya pimpinan/ direksi atau bagian HRD, bisa juga Pimpinan c.q HRD
4. Isi surat
5. Tanda tangan pengirim surat
Berikut ini adalah contoh surat tidak masuk kerja yang baik dan benar.
Cirebon, 27 Oktober 2016
Kepada Yth.
Bapak Direksi PT. Abdi Nugraha
Jl. MT. Haryono No. 5
Cirebon
Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Rudi Purnomo
NIK : 008 960 351
Jabatan : Kepala Bagian Teknologi Informasi
Dengan ini saya beritahukan bahwa pada hari ini, kamis Dua puluh Delapan Oktober Dua Ribu Enam Belas, saya tidak dapat masuk kerja seperti biasanya dikarenakan ada keperluan keluarga. (Mengurus putri kami yang sakit di luar kota).
Demikian kami sampaikan, atas perhatiannnya kami sampaikan terima kasih
Hormat saya
Rudi Purnomo
CONTOH LAIN YANG SEJENIS
Cirebon, 25 Oktober 2016
Kepada Yth.
Bapak Direksi PT. Cipta Nugraha
Jl. MT. Haryono No. 8
Cirebon
Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Arif Permana
NIK : 008 970 381
Jabatan : Kepala Bagian Pemasaran
Dengan ini saya beritahukan bahwa pada hari , kamis Dua puluh Delapan Oktober Dua Ribu Enam Belas, saya tidak dapat masuk kerja seperti biasanya dikarenakan ada keperluan keluarga. (Menghadiri hajat saudara di luar kota).
Demikian kami sampaikan, atas perhatiannnya kami sampaikan terima kasih
Hormat saya
Arif Permana